Heavenly6
Pelatihan personel ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan personel serta memudahkan penerimaan mereka terhadap sistem baru.

Tiga kelompok yang diberi pelatihan antara lain:
a. Personel teknis
Dalam hal ini adalah orang-orang yang akan mengoperasikan dan memelihara sistem. Merek perlu diberi pelatihan agar sistem perangkat lunak untuk pengelolaan data pelatihan ini dapat berjana dengan baik dan aman. Bila ada kerusakan(crash) dapat langsung diperbaiki sehingga tidak mengganggu berjalannya sistem perangkat lunak untuk pengelolaan data pelatihan ini.

b. Pegawai
Dalam hal ini adalah orang-orang yang akan berinteraksi langsung dengan user (karyawan) untuk memberitahu bagaimana cara menggunakan perangkat lunak ini.

c. Karyawan
Dalam hal ini disebut sebagai user, dimana orang-orang ini berinteraksi langsung dengan sistem atau perangkat lunak dan mengisi data dengan benar.

B1. Program Pelatihan
Pelatihan dapat secara tutorial atau kelas meliputi:
1. Pelatihan in-house
2. Pelatihan yang disediakan vendor
3. Pelatihan jasa luar

Tipe pelatihan yang digunakan untuk sistem perangkat lunak untuk pengelolaan data pelatihan karyawan adalah sebagai pihak yang diperlukan sekali. Pihak costumer tidak mendatangkan pihak luar karena sistem ini yang membuatnya adalah toko sendiri.

B2. Teknik dan Alat Bantu Pelatihan

1. Perangkat lunak pelatihan interaktif
Memungkinkan dialog antara user dengan komputer. Berbagai bentuk lunak pelatihan interaktif:
a. Computer-Based Training(CBT)
Software CBT menggunakan mikrokomputer untuk memberikan pedoman kepada pemakai melalui serangkaian pelajaran yang efektif dan mudah dipelajari serta mempunyai fasilitas mencegah kesalahan.
b. Audio-Based Training
Pemakai perlu mempunyai akses ke cassette player dan komputer, dan disertai buku kerja.
c. Video-Based Training
Pemakai memerlukan akses ke TV, VCR, dan komputer.
d. Video Optical Disk
Dapat disebut juga video interaktif, menggunakan CD-ROM untuk mengantarkan materi yang direkam sebelumnya ke monitor yang menghubungkan ke komputer.
2. Pelatihan magang
Pelatihan ini melatih para personel untuk mengoperasikan sistem perangkat lunak untuk pengelolaan data pelatihan Universitas A dengan menempatkan personel ke pekerjaan mereka yang sebenarnya.
3. Manual prosedur
Teknik pelatihan ini membantu para pemakai yang tidak mengetahui cara mengoperasikan sistem perangkat lunak untuk pengelolaan data pelatihan Universitas A yang akan digunakan. Instruks-instruksinya akan memberitahu pemakai bagaimana menjalankan perangkat lunak ini.
4. Buku teks
Sebagai alat bantu pelatihan untuk mempelajari sistem perangkat lunak untuk pengelolaan data pelatihan karyawan toko.
0 Responses

Posting Komentar