Heavenly6

Dari kasus sebelumnya, inilah tahapan terakhir dari implementasi sistem.

Tujuan pengembangan sistem baru yang berkualitas adalah untuk menghasilkan sistem yang tidak melampaui anggaran, tepat waktu dan memenuhi keperluan pemakai. Proses untuk menganalisis apa yang berjalan dalam proyek yang berhasil maupun tidak berhasil disebut peninjauan pasca implementasi(post implementasi review).
Peninjauan pasca implementasi adalah pencarian terorganisir untuk menemukan cara meningkatkan efesiensi dan efektivitas sistem baru, dan untuk memberikan informasi yang akan membantu dalam pengembangan sistem mendatang. Peninjauan pasca implementasi dilakukan oleh tim yang terdiri dari wakil pemakai, auditor internal, professional sistem, dan disertakan pula konsultan eksternal atau auditor independen untk meingkatkan obyektifitas dan mengurangi kepentingan politik yang terjadi diantara kelompok-kelompok internal.

Empat cakupan area peninjauan pasca implementasi:
1. Faktor-faktor sistem
2. Komponen rancangan sistem
3. Keakuratan estimasi
4. Tingkat dukungan

E1. Faktor-Faktor Sistem

Mencakup:

a. Faktor kelayakan teknis, ekonomis, legal, operasional, dan jadwal(TELOS).
Dari kasus diatas, sistem perangkat lunak pengelolaan informasi data pelatihan dan pengembangan SDM untuk dosen dan staff perusahaan penjualan motor sudah memenuhi kelayakan TELOS suatu sistem. Yaitu sistem tersebut diterapkan dengan teknologi baru( C# dan SQL), biaya murah, legal, kemampuan personel khususnya IT yang memadai dan sistem tersebut berlaku pada waktu yang sudah ditentukan.

b. Faktor strategis, produktivitas, diferensiasi, dan manajemen (PDM).
Dari kasus diatas, sistem perangkat lunak pengelolaan informasi data pelatihan dan pengembangan SDM untuk pelanggan dan staff perusahaan penjualan motor sudah memenuhi faktor strategi PDM suatu sistem. Yaitu sistem tenaga kerja yang diperlukan tidak terlalu banyak karena hamper semua telah dikerjakan sistem, kualitas sistem lebih baik dari sistemm sebelumnya, dan sistem menyediakan informasi yang cepat serta akurat mengenai data pelatihan staff dan dosen.

c. Faktor rancangan kemampuan pemeliharaan, pendayagunaan, pendayagunaan kembali, realibilitas, dan kemampuan perluasan(MURRE).
Dari kasus diatas, sistem perangkat lunak pengelolaan informasi data pelatihan dan pengembangan SDM untuk pelanggan dan staff penjualan motor sudah memenuhi faktor MURRE suatu sistem. Yaitu dari pihak universitas telah disiapkan personel untuk memelihara dan mendayagunakan sistem ini sehingga sistem dapat bekerja dengan baik.

E2. Komponen Rancangan Sistem

Mencakup:

a. Output
Berisi data staff dan dosen yang telah mengisi form aplikasi sehingga dapat diketahui siapa saja staff dan dosen yang perlu diberi pelatihan pengembangan SDM.
b. Input
Berisi aplikasi form dari mulai login, cek tipe user, trainer data input, registrasi, absensi dan recommendation.
c. Proses
Berisi pengolahan data dari inputan trainer data input, registrasi, absensi dan recommendation.
d. Database
Berisi data output yang disimpan pada file database SQL.
e. Kendali
Berisi pengendalian sistem agar sistem dapat berjalan dengan baik.
f. Platform teknologi
Berisi teknologi yang digunakan antara lain program C# dan SQL serta spesifikasi komputer yang mumpuni.

E3. Keakuratan Estimasi

a. Waktu
Menggunakan sistem perangkat lunak pengelolaan informasi data pelatihan dan pengembangan SDM untuk pelanggan dan staff perusahaan, waktu yang dibutuhkan lebih cepat tentunya karena user hanya perlu mengisi form aplikasi serta tepat waktu dalam menerima data pengolahannya.
b. Biaya
Biaya yang dikeluarkan cukup murah karena hanya perlu memelihara sistem da personel sehingga sistem perangkat lunak pengelolaan informasi data pelatihan dan pengembangan SDM untuk dosen dan staff universitas dapat bekerja dengan baik.
c. Keuntungan
Menggunakan sistem ini memberikan banyak keuntungan, antara lain:
• Perangkat lunak yang dibuat membantu dalam melakukan pengerjaan pencatatan data pelatihan.
• Penggunaan fitur rekomendasi dapat membantu staff dalam menentukan peserta pelatihan yang akan diregistrasi.
• Report – report yang dihasilkan dapat dengan mudah diprint.

E4. Tingkat Dukungan

Mencakup:
a. Sumber daya yang tersedia
Sumber daya untuk sistem ini tersedia seperti sumber daya manusia.
b. Manajemen puncak
Manajemen puncak dalam hal ini direktur perusahaan sangat mendukung sistem perangkat lunak pelatihan terhadap staff dan dosen.
c. Pelatihan
Pelatihan untuk sistem ini didukung oleh pihak perusahaan seperti dalam memelihara sistem disediakan dosen tertentu dan mahasiswa yang mempunyai kemampuan IT terbaik

Heavenly6

Empat metode konversi sistem adalah:


a. Konversi langung

adalah pengimplementasian sistem baru. Apabila konversi telah dilakukan maka tidak ada cara untuk kembali ke sistem lama atau pemutusan sistem lama yang disebut dengan cold turkey. Modifikasi terhadap konversi langsung merupakan konversi uji coba.

Kelebihan dari konversi ini adalah biaya konversi tidak mahal.

Kekurangan dari konversi ini adalah mempunyai resiko kegagalan cukup tinggi.


b. Konversi paralel
Sistem lama dan sistem baru beroperasi secara serentak untuk beberapa periode waktu. Pada konversi ini, output dari masing-masing sistem tersebut dibandingkan, dan perbedaannya direkonsiliasi.
Kelebihan dari konversi ini adalah pendekatan ini memberikan derajat proteksi yang tinggi dari kegagalan sistem baru.
Kekurangan dari konversi ini adalah biaya besar untuk penduplikasian fasilitas-fasilitas dan biaya personel yang memelihara sistem rangkap tersebut.



c. Konversi phase-in
Sistem baru diimplementasikan beberapa kali yang secara perlahan mengganti sistem yang lama. Konversi ini menghindarkan dari resiko yang ditimbulkan oleh konversi langsung dan memeberi waktu yang banyak kepada pemakai untuk mengasimilasi perubahan.
Kelebihannya adalah keceptan perubahan dalam organisasi tertentu dapat diminimisasi, dan sumber-sumber pemrosesan data dapat diperoleh sedikit demi sedikit selama periode waktu yang cukup luas.

d. Konversi pilot
Konversi ini mengsegmentasi organisasi yaitu hanya sebagian dari organisasi mencoba mengembangkan sistem baru. Sebelum sistem baru diimplementasikan ke seluruh organisasi, sistem pilot ini harus membuktikan di tempat pengujian tersebut.
Kelebihan dari konversi ini adalah lebih sedikit beresiko dibandingkan metode konversi langsung, dan lebih murah disbanding metode parallel. Segala kesalahan dapat dilokalisir dan dikoreksi sebelum implementasi lebih jauh dilakukan.
Kelemahan dari konversi ini adalah membutuhkan area(sebagian) dari organisasi untuk uji coba.




Untuk contoh kasus pembuatan perangkat lunak pengelolaan informasi data pelatihan dan aplikasi perusahaan penjualan motor, konversi langsung. Konversi ini dilakukan karena selama ini penginputan data yang dilakukan masih secara manual, yaitu dengan menggunakan perangkat lunak Microsoft Excel. Hal ini dirasakan masih sangat lambat dan sulit untuk melakukan pengeditan, juga untuk pencarian data yang diperlukan. Hal ini disebabkan karena data yang harus diolah berjumlah cukup banyak, dan karena menggunakan Microsoft Excel maka data-data tersebut tidak terintegrasi. Oleh karena itu dilakukan perancangan untuk pembuatan perangkat lunak untuk pengelolaan data hasil pelatihan diperusahaan penjualan motor. Konversi sistem lama ke sistem baru seperti ini tentu memberikan manfaat dan kemudahan lebih besar disbanding sistem yang lama.

Heavenly6

Tahapan ini adalah kelanjutan dari tahap sebelumnya untuk kasus sistem perangkat lunak untuk pengelolaan data perusahaan penjualan kendaraan bermotor.

Dokumentasi adalah materi tertulis yang mendeskripsikan cara beroperasinya suatu sistem, mencakup apa-apa yang dilakukan program dan prosedur yang harus diikuti oleh pemakai. Dokumentasi digunakan untuk tujuan-tujuan berikut:

- Pelatihan

- Penginstruksian

- Pengkomunikasian

- Penetapan standar kinerja

- Pemeliharaan system

- Referensi historis

Empat area utama dokumentasi adalah:

C1.Dokumentasi Pemakai

Prosedur yang memberitahu pemakai cara bekerja dengan sistem dan cara menjalankan tugasnya. Dokumentasi pemakai dapat dilakukan secara online atau dituliskan dalam manual prosedur. Untuk menjalankan sistem perangkat lunak untuk pengelolaan data penjualan kendaraan bermotor yaitu:

  • Pertama kali saat aplikasi dijalankan pengguna akan masuk pada form Login dimana user harus memasukkan nama dan password yang sesuai. Sedangkan untuk user dengan tipe administrator dapat mengakses link Create User untuk membuat atau menghapus data pengguna. Bila user name dan password yang dimasukkan secara benar maka aplikasi akan melakukan pengecekan tipe user, apakah administrator atau operator. Setelah itu form utama akan ditampilkan.
  • Kemudian user dapat memilih menu yang akan diakses, sebagai contoh user memilih menu input untuk Trainer Data Input.
  • Form tersedia dalam bentuk formulir pengisian, kemudian bila data telah selesai diisi user tinggal menekan tombol untuk melakukan registrasi terhadap peserta yang akan mengikuti pelatihan, user memilih menu Registration.
  • Untuk langkah pengerjaannya, yaitu user memilih nama pelatihan yang akan diisi dengan nama peserta, aplikasi akan menampilkan nama peserta yang belum pernah melakukan registrasi di list sebelah kiri, kemudian user tinggal memilih nama pesertanya kemudian menekan tombol untuk mendaftarkan peserta.
  • Form registrasi ini berhubungan dengan form pelanggan, dimana pada form daftar user diberi kemudahan untuk menentukan nama pelanggan yang menjadi pelanggan toko tertentu.
  • Langkah pengerjaannya yaitu user memilih nama pelatihan dan gelombangnya kemudian nama-nama pelanggan yang menjadi costumer took tersebut, berdasarkan data di registrasi.

C2. Dokumentasi Sistem

Dokumentasi ini berisi hasil-hasil yang digenerasi oleh professional sistem dan elemen-elemen rancangan yang dituangkan dalam repository(tempat penyimpanan) sentral CASE. Hasil-hasil terdokumentasi akan berfungsi pada saat sistem dikembangkan sebagai perangkat komunikasi yang digunakan untuk memberitahu atau pengembangan dan kemajuan sistem. Hasil-hasil sistem perangkat lunak untuk pengelolaan data penjualan kendaraan motor :

  • Perangkat lunak yang dibuat membantu dalam melakukan pengerjaan pencatatan data pelatihan.
  • Penggunaan fitur rekomendasi dapat membantu staff dalam menentukan peserta pelatihan yang akan diregistrasi.
  • Report – report yang dihasilkan dapat dengan mudah diprint.

C.3 Dokumentasi Perangkat Lunak

Dokumentasi ini berisi konversi aplikasi rancangan perangkat lunak ke software untuk memudahkan pemeliharaan dan meningkatkan kemampuan program. Programmer pemeliharaan harus memahami secara jelas fungsi dan logika perangkat lunak tersebut.


Untuk contoh kasus pembuatan perangkat lunak pengelolaan informasi data pelatihan dan aplikasi Universitas A kita dapat mengetahui hasil konversi aplikasi rancangan perangkat lunak ke software ditunjukkan dengan gambar berikut:


C4. Dokumentasi Operasi

Dokumentasi yang berisi form dan diagram dengan kata-kata dan nomor kunci.

Untuk contoh kasus pembuatan perangkat lunak pengelolaan informasi data pelatihan dan aplikasi perusahaan motor, kita dapat mengetahui file program yang digunakan yaitu PS001(Staff) dan PD001(Pelanggan).

Heavenly6
Pelatihan personel ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan personel serta memudahkan penerimaan mereka terhadap sistem baru.

Tiga kelompok yang diberi pelatihan antara lain:
a. Personel teknis
Dalam hal ini adalah orang-orang yang akan mengoperasikan dan memelihara sistem. Merek perlu diberi pelatihan agar sistem perangkat lunak untuk pengelolaan data pelatihan ini dapat berjana dengan baik dan aman. Bila ada kerusakan(crash) dapat langsung diperbaiki sehingga tidak mengganggu berjalannya sistem perangkat lunak untuk pengelolaan data pelatihan ini.

b. Pegawai
Dalam hal ini adalah orang-orang yang akan berinteraksi langsung dengan user (karyawan) untuk memberitahu bagaimana cara menggunakan perangkat lunak ini.

c. Karyawan
Dalam hal ini disebut sebagai user, dimana orang-orang ini berinteraksi langsung dengan sistem atau perangkat lunak dan mengisi data dengan benar.

B1. Program Pelatihan
Pelatihan dapat secara tutorial atau kelas meliputi:
1. Pelatihan in-house
2. Pelatihan yang disediakan vendor
3. Pelatihan jasa luar

Tipe pelatihan yang digunakan untuk sistem perangkat lunak untuk pengelolaan data pelatihan karyawan adalah sebagai pihak yang diperlukan sekali. Pihak costumer tidak mendatangkan pihak luar karena sistem ini yang membuatnya adalah toko sendiri.

B2. Teknik dan Alat Bantu Pelatihan

1. Perangkat lunak pelatihan interaktif
Memungkinkan dialog antara user dengan komputer. Berbagai bentuk lunak pelatihan interaktif:
a. Computer-Based Training(CBT)
Software CBT menggunakan mikrokomputer untuk memberikan pedoman kepada pemakai melalui serangkaian pelajaran yang efektif dan mudah dipelajari serta mempunyai fasilitas mencegah kesalahan.
b. Audio-Based Training
Pemakai perlu mempunyai akses ke cassette player dan komputer, dan disertai buku kerja.
c. Video-Based Training
Pemakai memerlukan akses ke TV, VCR, dan komputer.
d. Video Optical Disk
Dapat disebut juga video interaktif, menggunakan CD-ROM untuk mengantarkan materi yang direkam sebelumnya ke monitor yang menghubungkan ke komputer.
2. Pelatihan magang
Pelatihan ini melatih para personel untuk mengoperasikan sistem perangkat lunak untuk pengelolaan data pelatihan Universitas A dengan menempatkan personel ke pekerjaan mereka yang sebenarnya.
3. Manual prosedur
Teknik pelatihan ini membantu para pemakai yang tidak mengetahui cara mengoperasikan sistem perangkat lunak untuk pengelolaan data pelatihan Universitas A yang akan digunakan. Instruks-instruksinya akan memberitahu pemakai bagaimana menjalankan perangkat lunak ini.
4. Buku teks
Sebagai alat bantu pelatihan untuk mempelajari sistem perangkat lunak untuk pengelolaan data pelatihan karyawan toko.
Heavenly6

Sering kita temui website yang tipikal: "Welcome to my homepage," animasi e-mail, background dengan tulisan miring (diagonal), animasi garis pembatas, tabel dengan border tiga-dimesi dan lain-lain. Hal ini terjadi akibat dari fasilitas Template yang disediakan oleh software pembuat/pembuatan web seperti: FrontpageT, Corel WebDesignerT, dan sebagainya yang ditujukan untuk mempermudah penggunanya dalam membangun website.

Jika anda puas dengan hasil kerja anda membangun & pembuatan website dengan fasilitas template, sudahlah cukup sampai disini. Tetapi jika anda tidak puas dengan apa yang anda buat, dan anda merasa ingin lebih baik, maka anda perlu mengetahui bagaimana Web Designer membangun suatu Website, terlepas anda punya bakat seni atau tidak. Apakah ahli web desain atau tidak.

  1. Unik : Dalam membuat karya apapun seorang pembuat web desain / designer mempunyai kesadaran untuk tidak meniru atau menggunakan karya orang lain. Begitu pula seorang Web Designer harus mempunyai budaya malu untuk menggunakan icon, animasi, button, dll, yang telah digunakan atau dibuat oleh orang lain. Karena banyak hal yang dilakukan dalam desain website.
  2. Komposisi : Seorang Web Designer selalu memperhatikan komposisi warna yang akan digunakan dalam website yang dibuatnya. Pergunakan selalu Palette 216 WebColor, yang dapat diperoleh dari Adobe.com, hal ini untuk mencegah terjadinya dither pada image yang berformat GIF. Dalam membangun website suatu perusahaan, Web Designer selalu menyesuaikan warna yang digunakan dengan Corporate Color perusahaan tersebut. Sebagai contoh: Telkom Corporate Color-nya adalah biru, Coca-Cola : merah dan putih, Standard-Chartered : hijau dan biru, dsb. Untuk kemudian warna-warna tadi digunakan sebagai warna dominan atau sebagai elemen pendukung (garis, background, button, dsb).Ini akan membuat desain website menjadi beragam.
  3. Simple : Web Designer banyak yang menggunakan prinsip "Keep it Simple", hal ini ditujukan agar tampilan website tersebut terlihat rapi, bersih dan juga informatif. Walaupun banyak software aplikasi maupun software desain tetapi diusahakan simple.
  4. Semiotik : Semiotika adalah ilmu yang mempelajari tentang tanda-tanda. Dalam hal ini diharapkan dengan melihat tanda atau gambar, user/ audience dapat dengan mudah dan cepat mengerti. Sebagai contoh: Jangan membuat gambar/image yang berkesan tombol, padahal itu bukan tombol/ link, walaupun mungkin banyak software desain yang bisa membantu pekerjaan.
  5. Ergonomis : Web Designer selalu memperhatikan aspek ergonomi. Ergonomi disini adalah dalam hal kenyamanan user dalam membaca dan kecepatan user dalam menelusuri website tersebut. Web Designer memilih ukuran Fonts yang tepat sehingga mudah dibaca, Web Designer bisa melakukan pembuatan aplikasi yang menempatkan link sedemikian rupa sehingga mudah dan cepat untuk di akses dan lebih penting lagi adalah Informatif. Sehingga aplikasi website lebih "nyaman".
  6. Fokus : Tentukan hirarki prioritas dari pesan yang akan disampaikan, misalnya: Judul harus besar, tetapi jangan sampai akhirnya akan konflik dengan subjudul yang berukuran hampir sama. Hal ini akan membingungkan user/audience untuk menentukan pesan mana yang harus lebih dahulu dibaca/ dilihat. Pembuatan aplikasi seperti ini akan memudahkan user.
  7. Konsisten : Tentukan font apa yang akan digunakan sebagai Body-text, Judul, Sub Judul dan sebagainya, sehingga website tersebut akan terlihat disiplin dan rapi. Sesuaikan jenis huruf yang digunakan dengan misi dan visi website (aplikasi website) tersebut, misalnya: hindari menggunakan font Comic dalam membangun website suatu perusahaan resmi.


Heavenly6

1. Waraji

http://www.nagomijapan.com/images/waraji.jpg


http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/f/f7/Waraji.jpg

Waraji adalah sandal dari anyaman tali jerami / batang padi. Jaman dulu, alas kaki ini merupakan standard lho di Jepang, cuma sekarang ini hanya digunakan oleh pendeta budha. Biasanya digunakan juga kalau mendaki / perjalanan jauh atau kalau ada perayaan aja.

2. Jika Tabi

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/8/85/Jika-tabi.jpg



Bentuknya seperti boots, cuma ujungnya terbelah dua. Merupakan pemisah jempol dan jari-jari yang lain. Biasa dipakai pekerja konstruksi, petani, tukang kebun. Arti jika-tabi sendiri adalah "kaus kaki yang bersentuhan langsung dengan tanah". cuma hati-hati menngunakannya, takutnya kena paku bisa tembus lho.


3. Geta

http://www.shop-japan.co.jp/shop/image/m/m02-geta-5047.jpg

Geta itu sendal kayu yang mirip bakiak, biasanya terbuat dari kayu kiri / paulownia. Biasa dipasangkan dengan kimono / yukata, biasa juga dipakai saat hujan atau salju. Nah, yang harus diketahui, bentuk geta untuk pria itu persegi empat, sedangkan untuk wanita itu oval.

4. Okobo

http://www.zipangu-treasures.com/catalog/IMGP0758.JPG

http://i258.photobucket.com/albums/hh268/fuyou-hime/4613-5.jpg

Semacam geta juga, tapi dibuat agak tinggi. Kenapa? Supaya tidak mengotori kimono kalau lagi jalan, biasa dipakai oleh maiko / geisha magang, dan sering juga dipakai saat pernikahan oleh pengantin wanita.

5. Zouri

http://www.shop-japan.co.jp/shop/image/m/m02-zori-5056.jpg

http://store.japan-zone.com/images/apparel/footwear/zori/rustic_zori_white3.jpg

Penjelasan simpelnya? yap sendal jepit, bentuknya agak miring kan, namun lebih tinggi bagian belakangnya. Biasa dipakai di acara yang formal. Wanita biasa memakai zouri yang berwarna merah, sekalian pakai tabi / kaus kaki juga.



Sumber :
eksplorasi-dunia.blogspot.com

Heavenly6
Bahasa Indonesia dipelajari oleh 45 Negara di dunia.

Berita ini ditulis oleh www.kompas.com .Rabu, 29 Oktober 2008.

Isi berita Ini menegaskan jika bahasa Indonesia kini mulai dipelajari oleh 45 negara di dunia. Menurut Andri Hadi, negara yang mempelajari bahasa tersebut di antaranya adalah: Australia, Amerika, Kanada, Vietnam, dan banyak negara lainnya. Ia menjelaskan jika bahasa Indonesia menjadi bahasa popular keempat di Australia. Ada sekitar 500 sekolah mengajarkan bahasa Indonesia di sana. Bahkan anak-anak murid kelas 6 sekolah dasar di sana sudah mahir berbahasa Indonesia.

Jika ingin membaca lebih lengkap beritanya, klik disini

* Bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua di Kota Ho Chi Minh.

Berita ini ditulis oleh www.kompas.com . Jumat, 12 Juni 2009

Ho Chi Minh adalah ibukota negara Vietnam. Menurut seorang diplomat Indonesia. Pada bulan Desember 2007 Pemerintah Daerah Kota Ho Chi Minh, Vietnam, secara resmi mengumumkan Bahasa Indonesia menjadi bahasa kedua di Kota Ho Chi Minh.Selain itu Konsul Jenderal RI di Ho Chi Minh City untuk periode 2007-2008, Irdamis Ahmad di Jakarta mengatakan, "Bahasa Indonesia sejajar dengan Bahasa Inggris, Prancis dan Jepang sebagai bahasa kedua yang diprioritaskan,"

Salah satu penyebab bahasa Indonesia begitu diminati oleh bangsa Vietnam antara lain karena kemungkinan meningkatnya hubungan bilateral antara Indonesia dengan Vietnam di masa depan.

Jika ingin membaca lebih lengkap beritanya, klik disini.

* Wikipedia bahasa Indonesia yang menduduki peringkat ke 26 di dunia.

Berita ini ditulis oleh http://www.antara.co.id. Selasa, 20 November 2007

Dikutip dari web tersebut: "Wikipedia Indonesia kini berada di peringkat 26 dari 250 Wikipedia berbahasa asing di dunia. Sedangkan di tingkat Asia kita berada di peringkat tiga, setelah Jepang dan Mandarin,"

Jika ingin membaca lebih lengkap beritanya, klik disini

* Bahasa Indonesia bahasa ketiga yang paling banyak digunakan pada wordpress.

Artikel ini ditulis oleh http://amriltgobel.multiply.com pada 17 Januari 2009

Penulis blog ini adalah salah satu pengguna multiply yang pernah mengikuti acara Wordcamp Indonesia. acara ini sebelumnya pernah diselenggarakan di Filipina dan Thailand.

Dikutip dari blog tersebut, “fakta bahwa setelah Spanyol, Bahasa Indonesia adalah Bahasa yang menempati urutan ketiga yang paling banyak digunakan dalam posting-posting Wordpress. Indonesia pun adalah negara kedua terbesar di dunia yang pertumbuhannya paling cepat dalam penggunaan engine blog itu. Dalam 6 bulan terakhir tercatat 143.108 pengguna baru Wordpress dari Indonesia dan telah ada 117.601.633 kunjungan melalui 40 kota di Indonesia.”

Jika ingin membaca lebih lengkap beritanya, klik disini

Itu tadi beberapa fakta akan keberadaan bahasa Indonesia di Internet dan Dunia. Saya harap dengan bukti ini bangsa Indonesia menjadi lebih cinta dengan bahasa Indonesia.

Lantas, bagaimana dengan pernyataan saudara Bayu Sutrisno mengenai bahasa Indonesia adalah bahasa tersulit ke tiga di dunia? Untuk berita ini belum saya dapatkan kebenarannya, namun salah seorang peserta forum (http://suikoindo.9.forumer.com/a/lan...ost681-30.html) , animegic mengatakan bahwa menurut penelitian lembaga bahasa di dunia, dilihat dari segi gramatikal dan kompleksitivitasnya bahasa-bahasa yang dianggap sangat sulit di dunia adalah

1. bahasa ibrani (bahasa kaum Yahudi)
2. bahasa yunani
3. bahasa latin
4. bahasa jepang
5. bahas korea

sementara bahasa indonesia secara mengejutkan menempati bahasa tersulit ke 15 di dunia, diakibatkan terlalu banyaknya partikel dan pengindahan tata aturan bahasa.

Namun sumber tersebut belum pasti karena hanya diungkap melalui forum, meski begitu terlepas dari benar tidaknya bahasa Indonesia sebagai bahasa tersulit kelimabelas atau pun bahasa tersulit ketiga di dunia.



sumber: http://www.kotakgame.com/forums/showthread.php?t=4729
Heavenly6

Saat ini, ponsel dengan kemampuan GPRS dan MMS semakin terjangka, jadi siapapun kini dapat menikmati layanan akses Internet yang dapat dinikmati hanya dari sebuah perangkat ponsel saja.

Namun mungkin bagi sebagian pengguna ponsel, mereka sering merasa sedikit kesulitan ketika akan melakukan setting GPRS pada ponsel mereka. Berikut ini JerukNipis.com ingin berbagi trik setting GPRS dan MMS untuk beberapa operator yang ada di Indonesia.

TELKOMSEL

Hallo
Daftar di GRAPARI atau ketik sms "GPRS" dikirim ke 6616 dan "MMS" ke 6616

Simpati atau AS
Kirim SMS ke 6616 dengan pesan :
Ketik : GPRS[spasi]angka dibelakang simcard Anda (Nomor ICCID/Integrated Circuit Card Identification)
Kemudian tunggu beberapa saat, Anda akan mendapat SMS konfirmasi bahwa aplikasi GPRS sedang diproses. Waktu yang dibutuhkan sekitar 48 jam.Setelah GPRS aktif, Anda akan mendapat notifikasi SMS lagi yang menyatakan GPRS sudah aktif.

Setting Manual :

GPRS
Profile Name : TSEL GPRS
APN : Telkomsel
User name : wap
Password : wap123
Authentication : Normal
Gateway IP address : 10.1.89.130
Homepage : http://wap.telkomsel.com
Data Bearer : GPRS
Proxy port number : 9201 atau 8000

MMS
Connection Name: tel-MMS
Data Bearer: GPRS
Access Point Name: mms
Username: wap
Prompt Password: No
Password: wap123
Authentication: Normal
Proxy address: 10.1.89.150
Homepage: http://mms.telkomsel.com/
Connection Security: Off

INDOSAT

Matrix
Setting OTA:
Kirim SMS ke888 dengan pesan :
ACT[spasi]GPRS

Mentari
Setting OTA via SMS ;
Kirim SMS ke3000 dengan pesan :
Ketik : GPRS[spasi] merk HP[spasi] tipe HP

Setting Manual :

GPRS
Profile Name : INDOSATGPRS
Homepage URL : http://wap.klub-mentari.com
IP Address : 10.19.19.19
Bearer : GPRS
User Name : indosat
Password : indosat
APN : indosatgprs

MMS
Profile Name : INDOSATGPRS
Homepage URL : http://mmsc.indosat.com
IP Address : 10.19.19.19:8080
Bearer : GPRS
User Name : indosat
Password : indosat
APN : indosatmms

IM3
Setting OTA via SMS ;
Kirim SMS ke3939 dengan pesan :
Ketik : GPRS[spasi] merk HP[spasi] tipe HP

Setting Manual :

GPRS
Connection name : M3-GPRS
Access point name : www.indosat-m3.net
User name : gprs
Password : im3
Authentication : Normal
Homepage : http://wap.indosat-m3.net
IP address : 010.019.019.019
Port : 9201 (standard), 8080 (proxy)

MMS
Connection name : M3-MMS
Access point name : indosatmms
User name : indosatmms
Password : indosatmms
Authentication : Normal
Homepage : http://mmsc.indosat-m3.net
IP address : 010.019.019.019
Port : 9201 (standard), 8080 (proxy)

XL
Setting OTA via SMS ;
Ketik SMS dengan isi : GPRS[spasi][spasi] Kirim ke 9667
Ketik SMS dengan isi : MMS[spasi][spasi] Kirin ke 9667

Setting Manual :

GPRS
Connection Name: XL-GPRS
Data Bearer: GPRS
Access Point Name: www.xlgprs.net
Username: xlgprs
Prompt Password: No
Password: proxl
Authentication: Normal
Homepage: http://wap.lifeinhand.com
Connection Security: Off
Session Mode: Permanent
IP Address: Automatic
Proxy Server Address: 202.152.240.050
Proxy Port Number: 8080

MMS
Connection Name: XL-MMS
Data Bearer: GPRS
Access Point Name: www.xlmms.net
Username: xlgprs
Prompt Password: No
Password: proxl
Authentication: Normal
Homepage: http://mmc.xl.net.id/servlets/mms
Connection Security: Off
Session Mode: Permanent
IP Address: Automatic
Proxy Server Address: 202.152.240.050
Proxy Port Number: 8080

AXIS

GPRS
Connection Name : AXIS
Data Bearer : GPRS atau PS
Access Point Name (APN) : AXIS
Username : AXIS
Prompt Password : No
Password : 123456
Authentication : Normal
Gateway/Proxy IP Address : 10.8.3.8
Gateway/Proxy Port : 9201 atau 8080
Homepage : http://wap.axisworld.co.id
Connection Security : Off
Session Mode : Permanent

MMS
Connection Name : AXISmms
Data Bearer : GPRS atau PS
Access Point Name (APN) : AXISmms
Username : AXIS
Prompt Password : No
Password : 123456
Authentication : Normal
Gateway/Proxy IP Address : 10.8.3.8
Gateway/Proxy Port : 9201 atau 8080
Homepage / MMS Server : http://mmsc.AXIS
Connection Security : Off
Session Mode : Permanent

3 (THREE)

Setting Manual :
GPRS
Settings’ Name: 3-GPRS
Homepage : http://wap.three.co.id/
Proxies : Enable
Proxy address : 10.4.0.10
Port : 3128
GPRS access point : 3gprs
Authentication type : Normal
Login type : Automatic
Username : 3gprs
Password : 3gprs

MMS
Settings’ name : 3-MMS
Homepage : http://mms.hutch.co.id/
GPRS access point : 3mms
Authentication type : Normal
Username : 3mms
Password : 3mms
Allow adverts : No

Heavenly6

Diantara pembaca mungkin ada yang pernah mengamai saat komputernya rusak, entah itu terkena virus ataupun dimasuki oleh orang jahat (cracker) yan sengaja mencuri data kita

Beberapa tips di bawah ini akan bisa mencegah dan menghindari anda sampai terkena hack:

1. Hati-hati terhadap situs phising yg sangat banyak beredar saat ini (contoh: www.swiiscash.net - harusnya www.swisscah.net dan www.e-qold.com - G-nya diganti pakai Q), jangan sekali anda masuk ke situs tersebut walaupun hanya iseng ingin melihat-lihat saja kalau anda masih awam terhadap sekuriti komputer dan internet anda

2. Jangan sekali-kali masuk ke situs apapun lewat e-mail klik / e-mail link karena bisa berpotensi klik digunakan utk mendownload active-x yg bisa meng-hijack (membajak) browser anda kecuali anda yakin bahwa link tersebut aman atau untuk mengaktifkan registrasi. 90% orang di-hack karena hal ini atau komputernya bisa terkena spyware / virus

3. Selalu pakai browser Mozilla FireFox yg sudah terbukti mempunyai sekuriti terbaik dibanding browser lainnya termasuk IE7.0

4. Pasang Firewall pada komputer anda, anda bisa memakai ZoneAlarm versi gratis yang bisa di-download di www.zonelabs.com

5. Sering update Windows anda dengan patch terbaru bagi yang memiliki lisensi original Windows

6. Sebaiknya komputer juga dilengkapi antivirus dan antispyware atau anda bisa memakai versi gratisnya di www.ewido.net

7. Jangan sekalipun anda membuka account investasi atau account penting lain anda di komputer warnet (publik) yang tidak memiliki firewall atau yang anda tidak yakin bahwa komputer tersebut aman karena account anda bisa terkena hack karena keylogger (program pencatat aktifitas keyboard dan situs yang anda buka) dan sebaiknya anda cek startup Windows-nya dahulu dan matikan akses yang anda anggap berbahaya dengan menggunakan program seperti Hijack This!

8. Jangan sekali-kali download attachment file di e-mail anda kalau anda tidak tahu e-mail itu dari siapa dan khususnya e-mail dari luar negeri (berbahasa Inggris)

9. Jangan install program gratisan yang anda sembarang download dari situs yang tidak bisa dipercaya atau lewat program P2P seperti Limewire, iMesh atau BearShare karena kadang-kadang program tersebut mengandung virus atau spyware.

Heavenly6
1. ASAKUSA

Tempat unik yang pertama adalah Asakusa. Nggak terlalu jauh dari stasiun Asakusa, cukup jalan kaki 10 menit saja maka kita sudah sampai. Asakusa ada di sebelah timur laut Tokyo. Kalau saya tidak salah, Asakusa itu dulunya dijadikan sebagai distrik tempat hiburan terbesar di masa Edo. Di Asakusa banyak terdapat bangunan tua. Kita akan menemukan banyak toko yang berumur sangat tua yang menjual macam-macam souvenir khas tradisional Jepang. Di Asakusa juga ada satu kuil yang sudah berumur sangat tua, namanya Sensoji Temple, konon kuil ini dibangun pada tahun 628 M. Kalau berkunjung ke kuil ini, jangan lewatkan kesempatan untuk berfoto di depan gerbang Kaminarimon ya! Di Gerbang Kaminarimon ada sebuah lampion merah berukuran sangat besar. Lampion ini dijadikan landmark Asakusa, khususnya Sensoji Temple, terkenal banget di dunia. Kalau kita masuk di bagian dalamnya, kita juga bisa melihat sepasang sandal jerami raksasa “alas kaki Sang Buddha”. Ada satu lagi daya tarik utama dari Asakusa, yaitu Nakamise, merupakan sebuah lorong sepanjang 250 meter yang menghubungkan gerbang Kaminarimon dengan gerbang Hozomon, pintu menuju Sensoji Temple. Lorong ini dipenuhi hampir 100 kios, merupakan 'surga belanja' bagi pada penggemar kerajinan atau pernak-pernik tradisional Jepang. Bahkan hingga kimono atau replika katana pun bisa kita dapatkan. Para wisatawan yang berkunjung ke Asakusa biasanya suka membeli oleh-oleh di Nakamise ini. Selain souvenir yang dijual unik-unik dan khas Jepang banget, harganya pun relatif murah, asalkan kita tidak lupa untuk menawarnya. Bangunan kuno lain yang juga menarik untuk dikunjungi adalah kuil Shinto Asakusa jinja. Kuil ini biasanya ramai dikunjungi pada pertengahan bulan Mei. Pada saat itu diselenggarakan Sanja Matsuri, sebuah perayaan yang merupakan satu dari 3 festival tradisional terbesar di Jepang. Jika kamu beruntung, kamu akan menemukan Yakuza asli di Sanja Matsuri ini lho. Biasanya mereka suka menari-nari di depan kuil dengan hanya memakai celana dalam saja (hehehe...) dengan badan penuh tato tentunya.

2. AKIHABARA

Masih di sekitar Tokyo, tempat unik dan menarik selanjutnya adalah Akihabara. Terletak di tengah metropolitan Tokyo, tepatnya di Distrik Chiyoda. Orang Jepang biasanya suka menyebut Akihabara dengan singkatan 'Akiba'. Untuk mencapai Akihabara, kamu bisa naik kereta JR (Japan Railways) dari Stasiun Shinjuku menuju Stasiun Ochanomizu lalu berganti kereta menuju Stasiun Akihabara. Total biayanya kurang lebih 160 yen dengan perjalanan sekitar 12 menit. Kalau mau alat elektronik keluaran terbaru di Jepang, coba deh kunjungi Yodobashi-Akiba, Softmap, atau Laox, semuanya itu merupakan toko elektronik terbesar yang menyediakan beragam alat elektronik dan produk komputer dariberbagai jenis dan merk. Kalau belum puas juga, telusuri saja jalan-jalan di Akihabara karena ratusan toko elektronik besar-kecil lainnya bakal siap melayani kamu. Bahkan ada toko-toko tertentu yang menjual barang bebas pajak, dan menyediakan pegawai yang fasih multi-bahasa! Kamu juga bisa belanja produk yang berkaitan dengan game, anime, dan manga di area ini.

Jangan kaget juga kalau kamu baru pertama kali berkunjung ke Akiba ini. Kamu akan melihat banyak sekali para otaku (penggemar berat anime) mejeng dan nongkrong di jalanan dengan pakaian tokoh-tokoh anime yang mereka idolakan (cosplay). Jangan tertipu dengan dandanan mereka, soalnya kadang ada orang-orang tertentu yang berpakaian tokoh anime wanita (misalnya Sailormoon) padahal sebenarnya mereka adalah laki-laki. Hehehe... dan hebatnya lagi, mereka benar-benar mirip perempuan, sama sekali nggak terlihat laki-lakinya, kecuali kalau udah ngomong. Mereka bukan banci, cuma memang dandanannya aja yang seperti itu. Selain para otaku yang berseliweran di jalan, kamu juga bakal sering melihat orang-orang berpakaian meido (pelayan) yang menawarkan produk toko tempat mereka bekerja atau memang bekerja di meido café.

3. IKEBUKURO

Sama seperti Akihabara, Ikebukuro mungkin bukan kawasan yang asing lagi bagi para penggemar anime, terutama untuk kalangan cewek. Inilah surganya para penggemar anime dan manga. Sebagian besar toko di Ikebukuro menjual banyak pernak-pernik yang berbau anime dan manga. Mulai dari Mandarake, K-Books, Tora no Ana, sampai Shitsuji Café (Butler Café) pun ada di sini. Belum lagi di Ikebukuro terdapat toko Animate terbesar di Tokyo. Animate mempunyai beberapa cabang di Tokyo, tetapi Animate Ikebukuro merupakan Animate terbesar yang terdiri dari 9 lantai. Di dalam Animate dijual semua barang yang berhubungan dengan anime dan manga. Mulai dari komik, artbook, DVD, CD, figurine, bahkan merchandise-merchandise unik pun dapat ditemukan di sini. Ditambah lagi dengan diadakannya berbagai promo dari anime yang berbeda, dimana kita dapat mendapatkan discount untuk merchandise anime tersebut. Bahkan kalau kamu beruntung, kamu akan menemukan barang-barang limited yang jumlahnya sangat terbatas. Nah, kalau sempat ke Tokyo, jangan lupa mampir ke 'surga'-nya penggemar anime-manga ini ya!

4. NAKANO BROADWAY

Lokasi Nakano Broadway ada di pusat kota Nakano. Nakano broadway merupakan gedung besar yang terdiri dari beberapa lantai. Di dalamnya terdapat toko-toko yang menjual berbagai barang hobi, mulai dari manga, anime, figurine, idol merchandise, military, hingga maid cafe. Nakano Broadway sendiri sering dikenal sebagai 'gedung otaku' karena merupakan pusat toko Mandarake di wilayah Tokyo. Mandarake adalah toko yang menjual berbagai macam barang otaku, dari mulai doujinshi, baju cosplay, manga bekas, balljointed doll, hingga mainan yang langka. Selain Mandarake, ada pula toko-toko kecil yang menjual game, figurine, dll. Walaupun disebut gedung otaku, tidak seluruh toko yang ada di sini berhubungan dengan otaku. Di sini kamu juga bisa mencari baju, perhiasan, sepatu, hingga ke tempat kursus nail art! Bahkan kalau kamu merasa lapar setelah seharian ngider, silakan singgah di lantai BF dari Nakano Broadway. Di sini terdapat supermarket yang menjual barang dengan harga lebih murah ketimbang toko 24 jam atau convinience store (orang Jepang menyebutnya 'konbini'). Juga ada toko cemilan dan es krim yang sangat memikat hati. Nah, silakan mampir!

5. TOYOTA CITY

Perhatian bagi yang belum tau: Ini bukan nama merk mobil lho. Tapi nama salah satu kota yang ada di Jepang. Saya bilang unik karena kota ini semuanya berisi mobil dan produk dari Toyota. Nampaknya kota ini memang benar-benar mencerminkan produk-produk keluaran pabrik Toyota. Tapi saya tidak tau apakah nama perusahaan Toyota yang diambil dari nama kota ini, atau malah nama kota ini yang diambil dari nama pabrik Toyota itu ya? Aneh memang, seperti benteng Toyota saja. Tidak ada mobil lain selain Toyota di kota ini. Sampai-sampai didirikan museum Toyota dan banyak pabrik Toyota.

6. TOYOHASI

Toyohashi merupakan kampung tetangganya Nagoya. Sama seperti Kota Toyota, di Toyohashi juga merupakan daerah pabriknya Toyota. Satu kota isinya pabriiiiiik (mobil) semua.... dari Toyota, Hino, Mercedes, Honda, dll. Tapi mayoritas Toyota sih! Semua orang (penduduk asli & orang asing yang tinggal di sana) hampir semuanya berprofesi sebagai pegawai pabrik Toyota. Tapi jangan salah lho, Walaupun katanya kota penghasil mobil, tapi entah kenapa kampung satu ini baunya seperti bau pupuk. Terus penduduk aslinya mayoritas masih ndeso loh. Yang namanya HP dan komputer itu bagi mereka asing banget. Nah lho... unik kan? Hihihihi... Saya agak heran juga, ternyata di Jepang sekalipun masih ada juga yah desa yg ndeso.

7. NARITA CITY

Pernah dengar bandara Narita kan? Bandara internasional Jepang yang terkenal banget di dunia. Nah, selain bandara Narita, di Jepang juga ada kota yang namanya Narita lho! Selain kota terdekat, ia sudah merupakan "kota" di luar bandara Narita. Kalau mau ke Narita City, kita tinggal naik Shinkansen saja dari Narita airport ke Narita city, nggak makan waktu lama kok. Di Narita City ini ada satu tempat yang berkesan buat saya, namanya Aeon (dibaca: Ion). Aeon adalah satu-satunya shopping mall yang ada di sana. kalau mau ke Aeon, dari narita City station tadi kita tinggal naik shuttle bus saja, hanya sekitar 10 menit kok.

Nah, dari Aeon shopping mall ini kita sudah mulai bisa merasakan nuansa Jepangnya. Mulai dari kesopansantunan ala Timur orang-orangnya itu. Terus, Jepang kan merupakan negara dengan toilet terbersih katanya, hal itu memang benar. Sebab di kota kecil seperti Narita city ini, dan di shopping mall Aeon kecil ini, toiletnya bersih sekali seperti kalau di negara kita biasanya di hotel-hotel bintang lima baru bersih, sedangkan di mall kecil atau kota kecil ya biasanya don't expect too much. Di mall kecil ini pun ada tempat jual action figure Jepang dari anime-anime nya yang terkenal itu, ada juga tempat semacam Timezone, kemudian ada pula Jacket musim dingin yang tebal, nyaman, dan bagus tapi murah, wow, sungguh jarang nih barang murah di Jepang.

8. YAMAGATA

Yamagata adalah kota yang kecil. Untuk sampai di Yamagata, saat menginjakkan kaki di Bandara Narita, kita mesti mencari kereta api jurusan Tokyo. Setibanya di stasiun kereta api Tokyo, kita mencari lagi kereta api menunju kota Sendai. Jarak Tokyo-Sendai ditempuh dalam waktu 4 jam. Dari Sendai, kita berganti lagi kereta api menuju Yamagata. Waktu tempuh dari Sendai ke Yamagata sekitar 90 menit. Ada satu tempat yang paling ramai dikunjungi oleh masyarakat, yaitu jalan Nanoka-machi, sepanjang sekitar tiga kilometer. Jalan ini merupakan pusat ekonomi dan pemerintahan dari pemerintah daerah Yamagata. Bangunan pemerintahan dan pertokoan, menyatu di sepanjang jalan Nanoka-Machi ini. Di sekitar jalan Nanoka-machi terdapat banyak sekali pusat perbelanjaan kebutuhan sehari-hari. Terutama kebutuhan makanan, pakaian, serta perlengkapan rumah tangga. Semua menjajakan produk barangnya, dengan harga yang sangat bervariasi.

Di kota Yamagata, ada begitu banyak bangunan bersejarah dengan nilainya yang begitu tinggi. Karena masyarakatnya masih mempunyai kesadaran yang tinggi untuk bisa menjaga bangunan dan warisan sejarah yang mereka punyai.

9. HOKKAIDO

Hokaido merupakan salah satu pulau besar yang ada di utara Jepang. Kalau dari pulau Honshu harus naik ferry dulu atau bisa juga naik pesawat untuk sampai di Hokkaido. Waahh... Hokkaido keren banget! Udaranya segar, tempatnya bersih, pokoknya masih kental banget nuansa pedesaannya. Cocok sekali untuk mereka yang ingin refreshing dan menjauh dari suasana kota yang sibuk dan padat. Kalau ke Hokkaido jangan sampai lewatkan makan mie ramen-nya. Ada satu tempat makan mie ramen yang enaaakkk banget! Namanya Ramen Yokocho di kota Sapporo. Tapi kalau makan ramen hati-hati ya! Soalnya ada beberapa jenis ramen yang menggunakan daging babi atau kaldu babi. Jadi kalau mau pesan ramen, tanyakan dulu ke penjualnya apakah memakai daging atau kaldu babi atau tidak? Kalau iya, sebaiknya kita pesan yang pakai daging sapi, ayam, atau seafood saja. Jangan ketinggalan juga dengan oleh-oleh khas Hokkaido, yaitu Shiroi Koibito. Ini adalah semacam coklat khas Hokkaido. Rasanya manis dan enak lho.

Sumber: http://mujahidsamurai.multiply.com/journal/item/147
Heavenly6
KASUS:

Contohnya desain sebuah generalisasi – spesialisasi hirarki untuk sebuah perusahaan kendaraan bermotor. Perusahaan menjual sepeda motor, passenger car, van, dan bis.Proses dari perangkat lunak meliputi pengumpulan data, pengeditan data, pembuatan statistikdata untuk pelatihan, dan merekomendasikan peserta yang sebaiknya mengikuti pelatihan.
Dapat kita jelaskan implementasi sistem yang merupakan tahap akhir dalam siklus hidup pengembangan sistem(SDLC). Hal-hal pokok yang harus disediakan sebelum implementasi adalah:

A. Persiapan Tempat


a. Perencanaan Fisik:

Tata Letak(Layout) untuk menunjang sistem perangkat lunak untuk pengelolaan data pelatihan adalah sebuah ruangan yang cukup besar digunakan oleh user dan admin untuk menjalankan aktifitasnya. Dengan komputer yang cukup banyak, meja dan kursi untuk user dan admin. Semua komputer diletakkan ditengah ruangan, meja admin disebelah kanan pintu masuk.

b. Fasilitas:

Fasilitas yang disediakan untuk menunjang sistem ini, yaitu kendaraan, komputer, meja, kursi, listrik, telepon, penyimpanan berkas, printer serta workstation yang dirancang secara ergonomis.